Pemrograman berorientasi objek sering sekali disebut sebagai PBO/OOP (Object Oriented Programming). Bahasa pemrograman yang lazim digunakan dalam PBO adalah C++ ( Keluaran Borland disebut Borland C++, sedangkan dari Microsoft disebut Ms C++. Namun yang terakhir kurang poluler ). Demikian pula, jka ada bahasa pemrograman yang menggunakan C++ sebagai landasan utama bagi pengembangannya, maka bahasa tersebut bisa dipakai untuk PBO, seperti Java, yang menjadi perhatian utama dalam pelatihan ini (bahasa ini sangat populer pada jaringan komputer, dalam hal ini adalah: Internet).
Belajar PBO, berarti harus membiasakan diri berpikir secara kelas dan objek setiap menghadapi masalah.
Contoh :
Buatlah program untuk menghitung keliling lingkaran dari masukan jari-jarinya !
Masalah tersebut bila disajikan dengan pendekatan kelas dan objek, harus direvisi sebagai berikut :
Buatlah kelas lingkaran yang memiliki tanggungjawab mengetahui jari-jarinya dan kelilingnya, lingkaran tersebut dapat melakukan aksi mengembang dan berkerut sesuai dengan panjang jari-jarinya.
Class & Object
Object
Pada dasarnya semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai sebuah objek. Jika perhatikan lebih lanjut, pada dasarnya ada dua karakteristik yang utama pada sebuah objek , yaitu :
- Setiap objek memiliki atribut sebagai status yang kemudian akan disebut sebagai state.
- Setiap objek memiliki tingkah laku yang kemudian akan disebut sebagai behaviour.
Contoh sederhananya adalah : objek sepeda
- Sepeda memiliki atribut ( state ) : pedal, roda, jeruji, dan warna.
- Sepeda memiliki tingkah laku ( behaviour ) : kecepatannya menaik,
kecepatannya menurun, dan perpindahan gigi sepeda.
Dalam pengembangan perangkat lunak berorientasi objek, objek dalam perangkat lunak akan menyimpan state-nya dalam variabel dan menyimpan informasi tingkah laku ( behaviour ) dalam method-method atau fungsi-fungsi/prosedur.
Class
Class berbeda dengan objek. Class merupakan prototipe yang mendefinisikan variabel-variabel dan method-method secara umum. Sedangkan objek pada sisi yang lain merupakan instansiasi dari suatu kelas.
Latihan 10. Class.java
class Buku {
String pengarang;
String judul;
void Isi(String isi1,String isi2) {
judul = isi1;
pengarang = isi2;
}
26
void CetakKeLayar() {
if(judul==null && pengarang==null) return;
System.out.println(“Judul : ” + judul +
“, pengarang : ” + pengarang);
}
}
class Karangan {
public static void main(String[] args) {
Buku a,b,c,d;
a = b = c = d = new Buku();
a.Isi(“Pemrograman Java”,”Asep Herman Suyanto”);
a.CetakKeLayar();
b.Isi(null,null);
b.CetakKeLayar();
c.Isi(null,”Johan Prasetyo Hendriyanto”);
c.CetakKeLayar();
d.Isi(“Pemrograman Web”,null);
d.CetakKeLayar();
}
}
0 komentar:
Posting Komentar